Sejarah Transformasi Suzuki Baleno sejak 1995

Otojatim.com - Pertama kali muncul di Indonesia pada 1995, Suzuki Baleno telah mengalami transformasi dari model sedan kini menjadi model hatchback. Namun begitu, keberadaan Baleno dan antusiasme masyarakat terhadap salah satu mobil legendaris Suzuki ini tak pernah hilang.

Besarnya Animo Pengunjung GIIAS 2017 Untuk Mencoba Produk Suzuki

Di 2022 ini, Suzuki Baleno menginjak usia ke-27 tahun sebagai kendarana pilihan di Tanah Air. Sejumlah catatan perjalanan dalam sejarah, dimulai dari sedan dengan mesin karburator G16B SOHC berkapasitas 1.600 cc, hingga menjadi mobil hatchback yang modern dan sporty dengan mesin K14B berkapasitas 1.4 liter.

Generasi Pertama (1995-2003)
Suzuki Baleno mulai beredar pertama kali menggunakan mesin empat silinder berkapasitas 1.600 cc, teknologi fuel injection, dan cuma satu varian yaitu transmisi manual dengan 5 percepatan. Suzuki Indonesia menghadirkan Baleno generasi pertama ini dikenal dengan keunggulannya yang irit dan bantingan suspensi yang empuk.
baleno generasi pertama

Di tahun 2000, Suzuki Indonesia menghadirkan Baleno Millenium sebagai facelift pertama dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Fascia Baleno yang bentuknya lebih oval karena terdapat ubahan pada grille, lampu utama, dan pelek membuatnya tampil lebih modern pada masanya.
baleno generasi pertama facelift

Facelift pertama ini membawa fitur-fitur baru seperti tilt steering, central lock, power steering, dan head unit double DIN. Pada 2002, Suzuki Indonesia mempermanis desain pelek dan grille yang dibuat lebih sporty.

Generasi Kedua: Baleno Next-G (2003-2007)
Pada generasi kedua, Suzuki memberikan ubahan yang cukup signifikan. Mempunyai nama baru Baleno Next-G, Baleno memiliki ubahan bodi, sasis, dan interior yang disesuaikan dengan pergeseran tren waktu itu.
baleno generasi kedua 2003

Di bagian interior, panel meter sudah model digital yang lebih modern. Pada ruang kabin pun didesain lebih luas dan lega dari pada Baleno generasi pertama. Penyematan fitur keselamatan modern seperti ABS (Auto Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) melengkapi mesin M15A berteknologi VVT dan berkapasitas 1.500 cc, yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 100 hp pada 5.900 rpm dan torsi 133 Nm pada 3.100 rpm.
suzuki baleno 2006
Pada generasi ini, Baleno memiliki varian manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Dua tahun setelahnya, di tahun 2005, Suzuki kembali menghadirkan minor change pada Baleno Next-G dengan bodi dan grille baru, warna dan desain interior yang berubah, serta hadirnya MID (Multi Information Display) di tengah dasbor.

Generasi Ketiga: Neo Baleno (2008-2010)
Pada generasi ini, Suzuki Baleno hadir dengan nama Neo Baleno. Desain jauh lebih modern terutama pada bagian lampu utama yang memanjang hingga bagian fender dan kap mesin. Bodinya berbentuk lebih bulat hingga mirip dengan Baleno generasi pertama.
suzuki baleno 2010
Menggendong mesin M15A, Neo Baleno hadir dengan fitur yang lebih lengkap dari Baleno generasi kedua. Namun, adanya pergeseran tren membuat Suzuki berhenti memasarkan Baleno, baik generasi pertama, kedua, dan ketiga di tahun 2010.

Generasi Keempat: New Baleno (2017-2019)
Setelah hampir 7 tahun vakum, Suzuki Indonesia kembali menghadirkan Baleno dengan konsep baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, 10 Agustus 2017. Dengan tema ‘The Complete Hatchback’, New Baleno mempunyai eksterior berkonsep liquid flow dan desain yang lebih mewah.

Suzuki Baleno Dibekali Fitur Canggih Dikelasnya

New Baleno pada tahun ini menjelma menjadi mobil hatchback yang elegan dan sporty. Di generasi ini, New Baleno sudah mengandalkan platform generasi terbaru yaitu HEARTECT yang ringan namun kokoh.
Suzuki Baleno 2018
Menggunakan mesin K14B dengan kapasitas 1.373 cc, New Baleno dapat mengeluarkan tenaga sebesar 92,4 ps pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada 4.200 rpm. Mobil ini menghadirkan MID yang lebih informatif bagi pengendara, dan fitur lebih modern seperti Auto Climate Control yang dapat memudahkan pengendara dalam menentukan tingkat temperatur di dalam kabin.

New Baleno Facelift (2019-sekarang)
Di akhir 2019 lalu, Suzuki Indonesia kembali memperkenalkan generasi terbaru dari New Baleno dengan beberapa penyegaran yang mempunyai tenaga yang sama yaitu 92,4 ps pada 6.000 rpm, dan torsinya 130 Nm pada 4.200 rpm.

New Baleno Tampil Segar, Harga Tetap Paling Murah di Kelasnya

Facelift terbaru terdapat pada desain bumper depan yang lebih sporty, grille yang lebih lebar, pelek berukuran 16 inci, penambahan LED Projector Headlamp, serta desain fog lamp yang lebih bergaya.
Suzuki Baleno 2019
Soal interior, New Baleno facelift ini hadir dengan nuansa kabin berwarna abu gelap yang lebih elegan serta memprioritaskan kenyamanan pengemudi dengan adanya tuas yang dapat mengatur tinggi rendahnya posisi jok sehingga lebih ergonomis.

“Baleno telah hadir 27 tahun di Indonesia. Banyak masyarakat yang mempunyai kenangan bersama Baleno dari mulai berbentuk sedan hingga kini menjadi hatchback. Transformasi yang terjadi pada Baleno adalah salah satu upaya Suzuki untuk memenuhi dinamika kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berkembang. Tapi yang pasti kami selalu mengutamakan kualitas setiap kendaraan yang kami produksi,” kata Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.(*)
LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi