Suzuki Terus Manjakan Pelanggan Setianya, Ini Layanan Servis yang Bisa Dimanfaatkan

  • Suzuki terus melakukan inovasi pada layanan aftersales-nya untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Semua layanan bisa dijangkau dengan mudah lewat aplikasi digital kapan pun dan dimana pun.

Otojatim.com - PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mengalami pertumbuhan service activity sebesar 2,4 persen per tahun sejak 2020. Hal ini didukung oleh 191 outlet bengkel resmi dan 52 outlet service point di seluruh Indonesia,


Tak hanya menjangkau pelanggan perkotaan, Suzuki juga hadir dengan pelayanan ke rumah untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan dalam perawatan mobil.


"Selain layanan purna jual seperti bengkel resmi dan Halo Suzuki 24 jam di nomor 0800-1100-800, Suzuki juga memenuhi berbagai kebutuhan perawatan pelanggan melalui Service Point Outlet, Home Service, Moving Service, dan Fleet Service," ungkap Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT SIS.


Menurutnya, layanan yang banyak dimanfaatkan oleh pelanggan masa kini adalah Home Service, dimana customer akan mendapatkan kemudahan, kepraktisan, dan merasa selalu menjadi prioritas.


Berdasarkan data dari PT SIS, sekitar 61 persen dari total service outlet Suzuki atau 123 outlet berada di 60 kota besar dan menengah. Sedangkan 39 persen sisanya, adalah 79 outlet tersebar di 75 wilayah sub-urban. 


Sebanyak 12 persen pelanggan di wilayah urban dan 12 persen pelanggan di wilayah sub-urban, belum melakukan service rutin di Bengkel Resmi. Sehingga service harus dilakukan melalui bentuk layanan lain, seperti Service Point Outlet, Home Service, Moving Service, dan Fleet Service.

Suzuki juga menyediakan 52 outlet Service Point untuk menjangkau daerah luar perkotaan yang didominasi unit commercial seperti New Carry, namun tetap bisa menerima unit passenger.


Tak hanya itu, Suzuki menyediakan Moving Service untuk menjangkau daerah perkebunan atau pedesaan yang berjarak lebih dari 30 km, atau are-area sejenis yang membutuhkan durasi berkendara lebih dari 1 jam dari Bengkel Resmi terdekat.


Pelanggan jenis perusahaan juga difasilitasi dengan layanan Fleet Service, di mana Tim Service dari Bengkel Resmi Suzuki akan datang ke perusahaan untuk melakukan perawatan rutin pada unit Suzuki inventaris milik perusahaan. Biasanya mobil-mobil ini memiliki mobilitas tinggi sehingga memerlukan perawatan yang rutin dan tepat. 


Sementara untuk layanan Home Service sendiri, telah dilakukan sejak tahun 2015, dan semakin masif saat pandemi di tahun 2020 lalu. Salah satu Layanan Home Service yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan adalah service 1.000 km, 5.000 km, dan berkala per 10.000 hingga 20.000 km.


Pada layanan Home Service, Suzuki tidak hanya menerima perbaikan ringan, ganti baterai, dan ganti pelumas, tetapi juga menangani perbaikan lain yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 2 jam. 

Contohnya, saat kendaraan mengalami masalah di lokasi, tim Suzuki akan datang melakukan pemeriksaan awal dan perbaikan dalam waktu singkat, jika memungkinkan. Sementara untuk perbaikan yang lebih kompleks yang memakan waktu lebih dari 2 jam, akan dirujuk ke bengkel resmi terdekat.


Setiap unit Home Service Suzuki mampu menangani 3 hingga 4 lokasi dengan jarak mencapai 15 km dalam sehari, dengan didampingi oleh tim mekanik berpengalaman.


Keuntungan lain dari layanan Home Service ini adalah tidak adanya biaya tambahan yang dikenakan kepada konsumen di luar kebutuhan perawatan yang dilakukan. 


Konsumen Home Service akan dibebankan biaya yang sama dengan daftar harga yang berlaku di bengkel resmi, tanpa penambahan biaya kunjungan. 


Tak cukup sampai di situ, Suzuki juga menerapkan garansi yang sama dengan Bengkel Resmi yakni garansi pekerjaan hingga 500 km/14 hari kerja, garansi spare parts hingga 20.000 km/1 tahun, dan tidak menggugurkan garansi kendaraan 3 tahun/100.000 km selama mengikuti jadwal perawatan berkala.


Seluruh layanan tersebut merupakan upaya Suzuki dalam memberikan pelayanan yang optimal. Pengguna bisa dengan mudah mengaksesnya melalui layanan digital Home Service, menghubungi Halo Suzuki, atau mengakses website di www.suzuki.co.id dan melakukan booking di laman “Service Mobil”.


“Kemudahan era digital membuat pelanggan dapat dengan mudah menjadwalkan service hingga melakukan perawatan di rumah saja. Melalui peningkatan layanan di berbagai platform seperti, situs website dan layanan Halo Suzuki, kami telah merancang interaksi yang responsif, sehingga pelanggan tidak lagi perlu menunggu lama untuk mendapatkan tanggapan yang mereka butuhkan. Inovasi ini menunjukkan bahwa Suzuki senantiasa mendengarkan masukan dari pelanggan setia, dan kami berkomitmen untuk terus berinovasi sesuai dengan kebutuhan yang hidup dalam masyarakat Indonesia," tutup Hariadi.

LihatTutupKomentar
close
harga yamaha lexi